TUGAS 1 RPP KELAS X DAN MEDIA PPT


Description: http://aguschandra.com/wp-content/uploads/2010/10/PTK.jpgDescription: http://aguschandra.com/wp-content/uploads/2010/10/PTK.jpg





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM 2013




Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Lawang
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester           : X IIS2/ Ganjil
Materi Pokok              : Langkah Penelitian Geografi
Alokasi Waktu            : 1 x 45  menit

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Mengembangkan perilaku (jujur disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong-royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan pro-aktif) dan  menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan   pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan   metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian

Kompetensi Dasar
Indikator
3.2    Menganalisis langkah-langkah geografi terhadap fenomena geosfera









4.3 Menyajikan contoh penerapan langkah-langkah penelitian geografi dalam bentuk makalah
3.2.1  Menjelaskan pengertian penelitian dan penelitian geografi
3.2.2 Meskripsikan sifat studi geografi
3.2.3  Menjelaskan pendekatan analisis studi geografi
3.2.4  Mengidentifikasikan metode analisis geografi
3.2.5  Menjelaskan teknik pengumpulan data
3.2.5  Menjelaskan publukasi hasil penelitian
3.2.6   Menjelaskan prinsip Sistem Informasi Geografi (SIG)
4.3.1  Terampil mencari fenomena geosfer dalam bentuk makalah


C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis, peserta didik dapat mendeskripsikan sifat studi gegrafi, menjelaskan pendekatan analisis studi geografi, mengidentifikasi metode analisis geografi, menjelaskan teknik analisis data geografi, menjelaskan publikasi hasil penelitian geografi serta terampil mencari fenomena geosfer dalam bentuk makalah. Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

D.  Materi Pelajaran
·           Konsep dasar Penginderaan Jauh (PJ)
1.       Pengertian  Penginderaan Jauh
Penelitian merupakan penyelidikan dan pengujian yang kritis gunaa menanggapi dan memecahkan masalah (Kartini Kartono:1983). Sedangkan Penelitian geografi yaitu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan langkah-langkah secara didtematis untuk memecahkan suatu permasalahan geografi yang meliputi ruang sebagai region sebagai objek penelitian
2.      Komponen-komponen Penginderaan Jauh
Jenis-Jenis Penelitian
a. Berdasarkan Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dapat dibedakan ke dalam beberapa bentuk.
1) Penelitian Dasar
2) Penelitian Terapan
3) Penelitian Evaluaatif

b. Berdasarkan Metode Penelitian
Berdasarkan metodenya, penelitian dapat dibedakan kedalam dua jenis yaitu:
1) Penelitian Kuantitatif
Berbagai Penelitian kuantitatif
a. Penelitian Eksploratif
b. Penelitian Deskriptif
c. Penelitian Eksplanatoris
d. Penelitian Survei
e. Penelitian Eksperimen
f. Penelitian Expost-Facto (Penelitian Komparatif)
g. Penelitian Korelasional

2) Penelitian Kualitatif
Berikut ini berbagai jenis penelitian kualitaatif.
a. Biografi
b. Fenomenologi
c. Grounded Theory
d. Etnografi
e. Studi Kasus
3.      Metode Analisis Geografi
Berikut ini adalah berbagai macam metode analisis geografi.
1) Berkaitan dengan Eksistensi Populasi
a. Metode Penelitian Sensus
b. Metode Penelitian Studi Kasus
c. Metode Penelitian Sampling
2) Berkaitan dengan Karakteristik Objek Penelitian
a. Metode Survei
b. Metode Historis
c. Metode Eksperimental
3) Berkaitan dengan Analisis Data
a. Pendekatan Kualitatif
b. Pendekatan Kuantitatif
c. Pendekatan Gabungan Kualitatif dengan Kuantitatif

Setelah mengetahui beberapa macam metode analisis geografi, langkah selanjutnya adalah menentukan jawaban sementara atau dugaan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Dalam metode ilmiah, dugaan jawaban disebut hipotesis (jawaban yang masih dangkal dan perlu diuji kebenarannya)
Syarat yang harus fimiliki oleh suatu hipotesis yang baik yaitu sebagai berikut.
1. Dapat di percaya dan masuk akal
2. Merupakan ungkapan keteraturan pikiran
3. Memberikan peluang untuk pengujian empiris.
Tidak semua penelitian membutuhkan hipotesis, Penelitian yang membutuhkan hipotesis adalah penelitian yang menggunakan beberapa variabel dan saling berhubungan. Sedangkan penelitian yang tidak membutuhkan hipotesis adalah penelitian yang menghasilkan rancangan.
    Manfaat hipotesis adalah memeberikan batasan penelitian, menyatakan hubungan, dan sebagai panduan dalam penelitian. Adapun ciri hipotesis yang baik adalah dinyatakan dalam kalimat yang tegas dan dapat diuji secara alamiah serta sebagai dasar dalam merumuskan hipotesis yang kuat.

4.      Teknik Pengumpulan Data Geografi


1. Observasi langasung

Description: http://aguschandra.com/wp-content/uploads/2010/10/PTK.jpg

    Teknik observasi langusng adalah pengumpulan data melalui pengamatan dan pencatatan gejala pada objek yan berada di tempat kejadian. Syarat dalam menggunakan metode observasi antara lain sebagai berikut.
  1. Metode observasi dapat dilakukan secara bebas.
  2. Semakin banyak objek yang diamati, semakin sulit pengamatanya.
  3. Observasi dilakukan secara cermat, jujur, dan objektif terhadap data yang relavan.
  4. Sistem dan prosedur yang dilakukan berdasarkan panduan yang baku.
  5. Pengamat harus mamahami apa yang akan dicatat dan dikumpulkan
  6. Pencatatan hasil obesrvasi dilakukan dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Tujuan memakai formulir pencatatan yaitu sebagai berikut.
  7. Memudahkann dalam merekam kejadian, proses dan gejala sosial.
  8. Mencatat segala kejadian dan proses di lapangan
  9. Membantu menguantkan data lain yang terkumpul.
  10. Menjaga agar hasil pengamatan mudah diketahui pihak lain
  11. Dapat diformulasikan kembali sehingga dapat menggambarkan suatu kejadian.
2. Observasi Tidak Langsung
   Teknik observasi tidak langsung adalah pengumpulan data melalui    pengamatan dan                pencatatan gejala pada objek penelitian secara tidak langsung.

          3. Wawancara
      Wawaancara adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan
  1. Wawancara terpimpin
Wawanjara ini dilakukan dengan membuat pertanyaan sebelum dilakukannya wawancara.
  1. Wawancara tidak terpimpin
wawancara ini diperuntukkan untuk peneliti yang sudah terbiasa mengajukan pertanyaaan dan bertemu siapa saja, sehingga tidak memerlukan catatan pertanyaan.
  1. Wawamcara bebeas terpimpin
Wawancara ini dilakukan dengan  membacapertanyaan yang telah dibuat sambil menanyakan lebih dalam untuk mendapatkan data penelitian.
4. Kuesioner/Angket
       Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden sehubungan dengan               penelitian. Pada umummnya kuesioner terdiri dari 3 bagian, yaitu sebagai berikut.
a.       Pertanyaan tentang fakta
Pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui kondisi responden, misalnya umur, jenis kelamin, gaji bulanan, dsb
b.      Pertanyaan tentang pendapat
Pertanyaan tentang pendapat ada dua pendekatan, yaitu sebagai berikut.
1) Melihat persentase setuju/tidak setuju
2) Melihat sikap responden
c.  Pertanyaan tentang persepsi
Menilai perilakunya sendiri dalam hubungan dengan orang lain atau lingkungannya, misalnya responden diminta saran atau masukan untuk perkembangan sebuah instansi.
Ada beberapa pedoman untuk membuat pertanyaan pada angket, yaitu sebagai berikut.
a. Perlu kata pengantar yang berisi tujuan dan harapan peneliti.
b. Pertanyaan dimulai dari yang mudah ke pertanyaan yang
sulit.
c. Bahasa dan kata-kata yang digunakan mudah dipahami
d. Setiap pertanyaan menanyakan satu hal.
e. Pertanyaan harus dihindarkan dari praduga yang belum tentu
benar.
f. Pertanyaan harus dihindarkan dari hal-hal yang menyangkut
harga diri dan bersifat pribadi.g. Pertanyaan harus dihindarkan dari pengertian ganda.

5.      Studi Dokumenter
Teknik studi dokumenter adalah pengumpulan data dengan menggunakan sumber dokumen tertulis berhubungan dengan masalah penelitian, misalnya dari sumber dokumen, buku, koran, dan majalah

6.      Studi Pustaka
Studi pustaka merupakan teknik pengumpulan data dengan mengkaji berbagai teori, prinsip, konsep, dan hukum-hukum yang berlaku dalam ilmu geografi.

7.      Interpretasi Foto Udara
Foto udara merupakan gambaran permukaan bumi sebagai hasil pemotretan dari pesawat terbang.
D. Teknik Analisis Data Geografi
Langkah selanjutnya dalam merancang penelitian sosial adalah ,menentukan teknik pengolahan datanya. Langkah yang dilakukan setelah data terkumpul adalah sebagai berikut.

1.      Mengedit Data
Mengedit data yaitu penelitian kembali data yang telah di kumpulkan dengan menilai apakah data yang telah dikumpulkan tersebut cukup baik atau relavan untuk di proses atau diolah lebih lanjut
2.      Pengkodean (Coding)
Pengkodean dilakukan untuk menyederhanakan jawaban responden, juga memudahkan mengolah data melalui software pengolah data statistik.
3.      Tabulasi Data
Setelah kita melakukan proses coding dan menghitung frekuensinya, maka langkah berikutnya adalah melakukan tabulasi. Tabulasi adalah proses penyusunan dan analisis data dalam bentuk tabel.

E. Publikasi Hasil Penelitian Geografi

Bagaimana cara membuat susunan laporan penelitian ? Syarat apa saja yang harus di penuhi dalam penulisan laopran?
Secara lengkap susunan/format dalam menyajikan laporan penelitian atau sebuah karya tulis adalah sebagai berikut.
    
  1.     Bagian Pembukaan
Bagian pembukaan meliputi sebagai berikut.
a. Judul penelitian/karya tulis.
b. Halaman pengesahan (kepala sekolah).
c. Halaman persetujuan (guru pembimbing)
d. Halaman persembahan dan moto (apabila perlu).
e. Kata pengantar.
f. Abstrak.
g. Daftar isi.
h. Daftar gambar.
i. Daftar tabel.
j. Dftar lampiran.

2. Bagian isi
Bagian isi meliputi sebagai berikut.
Bab I Pendahuluan
A. Latar belakang penelitian/masalah.
B. Identifikasi masalah.
C. Maksud dan tujuan penelitian
D. Manfaat penelitian.

Bab II Landasan Teori
A. Telah pustaka.
B. Landasan teoritik.
C. Hipotesis

Bab III Metodologi Penelitian
A. Identitas variabel.
B. Populasi dan penentuan sampel penelitian.
C. Metode pengumpulan data.
D. Model analisis dan teknik analisis (apabila menggunakan
     statistik)


Bab IV Analisis Data
A. Latar belakang objek penelitian.
B. Analisis data

3. Bagian Penutup
    Bagian penutup meliputi sebagai berikut.
    Bab V Kesimpulan dan Saran-saran
A. Kesimpulan
B. Saran-saran
- Daftar Pustaka
- Lampiran

Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran       : Problem Based Learning
Metode                           : Diskusi, Tanya jawab, penugasan, dan presentasi

Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
·        Media/Alat                  : Power Point, laptop, LCD
·        Bahan Belajar              : Unit Kegiatan Belajar Mandiri/UKBM
·        Sumber belajar :
Amir Khosim dan Kun Marlina L, 2007 Geografi untuk SMA dan MA kelas x, Jakrta, Grasindo
Bambang Nianto Mulyo, Purwadi Suhandini. 2013. Geografi SMA jilid 1. Solo
Wardiatmoko K, 2006 Geografi untuk SMA kelas x, Jakarta, Erlangga
Internet

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (135 menit)
No
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
(Menit)
1
Kegiatan Pendahuluan
·      Orientasi
-          Guru memberikan salam, salah satu siswa memimpin doa untuk mengawali pelajaran.
-          Guru mengecek kehadiran siswa.
·      Apersepsi
-      Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya
-      Mengajak siswa mereview materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya dan mengajukan beberapa pertanyaan meliputi pengertian indraja dan komponen-komponen indraja
·         Memotivasi siswa dengan
-          menyampaikan bahwa geografi mengkaji segala fenomena yang ada di geosfer yang saling berkaitan satu sama lain.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai
-          Siswa  diberikan motivasi berupa tujuan  dan manfaat mempelajari penginderaan jauh dan motivasi untuk semangat belajar menghadapi PTS
-          Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
20 menit














2
Kegiatan Inti
·      Mengamati (Observing)
-          Siswa diminta membaca buku Geografi SMA/MA Kelas X Penerbit Erlangga tentang konsep dasar penginderaan jauh.
·      Menanya (Questioning)
-          Siswa menanyakan tentang konsep penginderaan jauh yaitu pengertian, komponen, dan manfaatnya.
-          Guru mengklarifikasi jawaban siswa terkait pengertian, komponen, dan manfaatnya
·      Mengumpulkan Data (Experimenting) 
-          Siswa dibagi UKBM yang akan dikerjakan di kelas
-          diantaranya yaitu:
1.      Menggambar skema proses penginderaan jauh di bawah ini dan manfaat indraja!
2.      Jelaskan masing-masing fungsi dari setiap komponen penginderaan jauh!
-          Guru menjadi sumber belajar bagi peserta didik dengan memberikan konfirmasi atas jawaban peserta didik.
·      Mengasosiasi (Associating)
-          Siswa dibimbing guru membuat kesimpulan terkait dengan konsep dasar penginderaan jauh.
·      Mengkomunikasikan (Communicating)
-          Siswa mengumpulkan tugas yang telah diberikan oleh guru.
100 menit


























3
Kegiatan Penutup
-          Melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan meminta siswa menjawab pertanyaan terkait dengan skema indara dan manfaat  penginderaan jauh
-          Menanyakan kesulitan pembelajaran yang telah dilakukan
-          Menutup pelajaran dan memberi salam
15 menit







4
Total Alokasi Waktu
135 menit


H.    Penilaian
1)      Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis bentuk UKBM
2) Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, atau jurnal. Hasil penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama proses pembelajaran. Format penilaian sikap dapat menggunakan format sebagai berikut:


Pedoman Pengamatan Sikap
Nama
:............................................ .................................
Kelas
: ........................................... .................................
Materi Pokok
:............................................. ................................


Aspek Sikap yang Dinilai
Skor Penilaian
1
2
3
4
Iman dan takwa








Jujur








Kreatif








Inovatif








Kesopanan








Kerjasama dan Toleransi
















Guru Pamong



Pudji Widajati, S.Pd.
NIP. 195912161982022003
                   
                    Lawang, September 2018
                    Guru Praktikan


Sari Mutiara Nainggolan
NIM 150721600100







                                   MEDIA RPP KELAS X


















FORMAT LAPORAN 
PM



MATERI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kelas XI, materi Langkah-langkah Penelitian Geografi dan media yang akan digunakan berupa power point.

MEDIA

Media Video tentang Klasifikasi Sumber Daya Alam
PRODUKSI MEDIA SARI MUTIARA NAINGGOLAN/150721600100offering L

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuanmetoda/modelevaluasi

Tujuan penggunaan media Power Point (PPT) yaitu agar materi dapat dipahami dengan mudah. Selain itu Power Point (PPT) juga merupakan media yang menarik dan komunikatif dalam pembelajaran.
Metoda/ Model : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, dengan menggunakan media Power Point (PPT) dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi di Kelas X, Power Point (PPT) dibuat menarik yang akan memudahkan penyampaian materi tentang Langkah-langkah Penelitian Geografi

Evaluasi : Apabila dalam pelaksanaan kegiatan belajar, media pembelajaran berupa power point materi tentang Langkah-langkah Penelitian Geografi
dirasa kurang efektif, maka pada pembelajaran selanjutnya akan menggunakan jenis media lain.

PENJELASAN MEDIA

kreativitascara pembuatanspesifik

Kreativitas : Pembuatan media menggunakan Power Point (PPT)  akan melampirkan gambar gambar yang memaparkan materi tentang Langkah-langkah Penelitian Geografi
Cara Pembuatan : Pembuatan media  Power Point (PPT) ini yaitu dengan merangkum isi materi yang ada dalam buku teks kemudian mengeditnya pada aplikasi PPT dan mengambil gambar terkait dengan materi tersebut dan melampirkan gambar gambar tersebut yang terkait dengan materi.
Spesifik : Media yang akan digunakan dalam menyampaikan materi ini yaitu menggunakan media video. Unsur-unsur dari video ini juga malampirkan gambar-gambar yang terkait dengan materi pembelajaran dan juga effect lighting dan.juga transformasi.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

Media video ini digunakan ketika Guru menjelaskan materi Langkah-langkah Penelitian Geografi. Kegiatan ini dilakukan pada inti pembelajaran. PPT ini akan ditanyangkan menggunakan bantuan LCD proyektor di depan kelas.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 5 BUKU (MEDIA CETAK)

TUGAS 8 MEDIA ANDALAN (KOMIK)