TUGAS 2 REVISI RPP KELAS XI DAN MEDIA (POSTER)


RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Lawang
Mata Pelajaran             : Geografi
Kelas/Semester            : X1 / 1
Materi Pokok               : Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
Sub Tema                     : Menganalisis Persebaran Flora dan Fauna
Alokasi Waktu              : 1 JP( 1x Pertemuan)               

       A.      Kompetensi Inti/KI
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.


               B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menganalisis sebaran flora dan fauna di Indonesia berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim
1.1  Menjelaskan pengertian flora dan fauna
1.2 Mendeskripsikan pembagian 3 wilayah persebaran flora dan fauna
1.3 Mendeskripsikan persebaran flora dan fauna di Indonesia
1.4  Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab persebaran flora dan fauna
 2. Mengkomunikasikan upaya-upaya untuk melestarikan flora dan fauna indonesia
2.1  Mengemukakan upaya-upaya pelestarian flora dan fauna yang sudah langka

  C.    Tujuan Pembelajaran
      Melalui Pendekatan Saintifik  peserta didik mampu menganalisis  persebaran flora dan fauna Indonesia, faktor-faktor penyebab persebaran flora dan fauna, serta upaya apa yang harus dilakukan dalam pelestarian flora dan fauna yang sudah lngka.  Penerapan pendekatan yang dilakukan dalam pembelajaran ini adalan  pendekatan ekologis yang memeliputi distribusi tumbuhan dan hewan dilhat dari pengaruh kondisi lingkungan, terutama iklim yang disebabkan oleh perbedaan faktor iklim, topografi, dan biotik.  Melalui  pendekatan ini mahasiswa dapat  mengetahui persebaran flora dan fauna Indonesia dalam kehidupan sehari-hari untuk menumbuhkan sikap menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis.

  D.      Materi Pembelajaran    
1.      Pengertian flora dan fauna
2.      Pembagian 3 wilayah persebaran flora dan fauna
3.      Penyebab Persebaran fauna dan flora
4.       Faktor Kerusakan Flora dan Flora Indonesia danpaya dalam melestarikan flora dan fauna yang langka

          E.    Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Saintifik/Ilmiah
Model pembelajaran    : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, dan penugasan

  1. Media Pembelajaran
1.      Media/Alat
·         Teks bacaan dan lembar jawab
·         Video persebaran  flora dan fauna Indonesia
·         LCD
·         Peta
·         Proyektor
2.      Bahan Belajar
·           Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)
·           Diskusi kelompok

         G.   Sumber Belajar
1.      Buku paket Geografi Kelas XI SMA
2.      Rahayu, saptanti.Dkk. 2009. Nuansa Geografi SMA untuk SMA/MA Kelas XI.
3.      Buku pelajaran Geografi yang relevan
4.      Buku-buku lain yang relevan
5.      Literatur lain (majalah, koran, internet, dan buku-buku koleksi perpustakaan)

     H. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan pertama
TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
·      Siswa Mengucapkan salam dan berdoa
·       Guru melakukan presensi siswa
·       Siswa diberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran
  •  Siswa diberi kaitan materi yang   akan dipelajari dengan materi   sebelumnya dan motivasi belajar

10 menit
KEGIATAN INTI








· Siswa diberi penjelasan tentang Pengertian flora dan fauna secara umum dan contoh-contohnya, serta serta pembagian flora dan fauna di tiga wilayah Indonesia
·  Kemudian siswa membentuk kelompok
·  Guru dan siswa melakukan sesi tanya jawab tentang materi yang di jelaskan





     60 menit





PENUTUP
·   Siswa diminta untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti
· Guru meminta siswa agar menyimpulkan pelajaran
· Siswa diberi tugas untuk membaca materi selanjutnya
·     Guru meminta siswa untuk memimpin doa sebelum meninggalkan ruangan kelas



20 menit


H.Penilaian Proses dan Hasil Belajar

1.        Jenis/Tehnik Penilaian:           
a.    Pengetahuan          
b.    Keterampilan
c.    Sikap
                       
2.        Bentuk Penilaian
a.    Bentuk penilaian pengetahuan       : tes tertulis (uraian)
b.    Bentuk penilaian keterampilan       : laporan
c.    Bentuk penilaian sikap                   : observasi

3.        Instrumen penilaian:
(Terlampir)

Catatan: .......................................................................................................................          
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................


I.         PENILAIAN HASIL BELAJAR

Tes Tertulis (lampiran 1)
1.     Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri flora Indonesia bagian barat!
            2.      Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perbedaan tersebut?

Kunci jawaban

1.       Terdapat banyak tumbuhan jenis meranti-merantian
2.       Terdapat berbagai macam tumbuh-tumbuhan rotan
3.       Tidak mempunyai hutan kayu putih
4.       Mempunyai jenis tumbuhan sagu yang sedikit
        2.      Iklim
-          Tanah
-          Air
-          Tinggi rendahnya permukaan bumi (Topografi)
-          Biotik (Manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan
-           Tekanan populasi
-          Perubahan habitat

Teknik Penilaian: pengamatan
Prosedur Penilaian:

1.   Jenis/teknik Penilaian : Tes unjuk kerja (Penilaian kinerja)

2.   Bentuk Instrumen dan Instrumen

Hari/Tanggal: …………………………………………………….

Topik/materi: …………………………………………………….

No
Nama Siswa

Aspek yang Diamati

Jumlah







Skor
A
B
C
D
E
F
G

































































        Guru Pamong



  Pudji Widajati, S.Pd.
  NIP. 195912161982022003
                   
                     Lawang, September 2018
                     Guru Praktikan


Sari Mutiara Nainggolan
NIM 150721600100






MEDIA POSTER






FORMAT LAPORAN PEMBUATAN MEDIA



PM




MATERI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kelas XI, materi Persebaran flora dan Fauna di Indonesia dan media yang akan digunakan berupa Poster.

MEDIA

Media Video tentang Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
PRODUKSI MEDIASARI MUTIARA NAINGGOLAN/150721600100offering L

RANCANGAN PEMBELAJARAN

tujuanmetoda/modelevaluasi

Tujuan penggunaan media Poster yaitu agar materi dapat dipahami dengan mudah. Selain itu Poster juga merupakan media yang menarik dan komunikatif dalam pembelajaran.
Metoda/ Model : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan model Kooperative, dengan menggunakan media Poster dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi di Kelas XI, Poster dibuat menarik yang akan memudahkan penyampaian materi tentang Persebaran Flora dan Fauna.

Evaluasi : Apabila dalam pelaksanaan kegiatan belajar, media pembelajaran berupa power point materi tentang Persebaran Flora dan Fauna dirasa kurang efektif, maka pada pembelajaran selanjutnya akan menggunakan jenis media lain.

PENJELASAN MEDIA

kreativitascara pembuatanspesifik

Kreativitas : Pembuatan media menggunakan Poster dengan melampirkan gambar gambar yang memaparkan materi tentang Persebaran Flora dan Fauna.
Cara Pembuatan : Pembuatan media  Poster ini yaitu dengan cara mempersiapkan semua alat tulis berupa buku gambar, pensil, pulpen, crayon, dan penghapus. Kemedian menggambar beta wilayah Indonesia kemudian menggambarkan jenis hewan yang tersebar di wilayah Indonesia tersebut. Setelah itu membuat kata-kata bijak untuk mengajak semua bangsa Indonesia supaya melestarikan flora dan fauna Indonesia agar tidak punah.
Spesifik : Media yang akan digunakan dalam menyampaikan materi ini yaitu menggunakan media poster. Unsur-unsur dari poster ini juga menggambarkan peta wilayah Indonesia dan jenis hewan yang tersebar di wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke yang terkait dengan materi pembelajaran dan juga.

TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA

Media video ini digunakan ketika Guru menjelaskan materi Langkah-langkah Penelitian Geografi. Kegiatan ini dilakukan pada Poster ini akan ditanyangkan/ditempelkan di depan kelas kemudian dijelaskan sesuai dengan RPP yang telah dibuat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 5 BUKU (MEDIA CETAK)

TUGAS 8 MEDIA ANDALAN (KOMIK)