TUGAS 2 REVISI RPP KELAS XI DAN MEDIA (POSTER)
RPP
(Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1
Lawang
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X1 / 1
Materi Pokok : Persebaran Flora dan
Fauna di Indonesia
Sub Tema : Menganalisis Persebaran
Flora dan Fauna
Alokasi
Waktu : 1 JP( 1x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti/KI
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif
sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat
dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan
internasional.
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai dengan kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1. Menganalisis sebaran flora dan
fauna di Indonesia berdasarkan
karakteristik ekosistem dan region iklim
|
1.1 Menjelaskan
pengertian flora dan fauna
1.2 Mendeskripsikan
pembagian
3 wilayah persebaran flora dan fauna
1.3 Mendeskripsikan
persebaran flora dan
fauna di Indonesia
1.4 Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
persebaran flora dan fauna
|
2. Mengkomunikasikan upaya-upaya untuk melestarikan
flora dan fauna indonesia
|
2.1 Mengemukakan upaya-upaya pelestarian flora
dan fauna yang sudah langka
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui Pendekatan Saintifik peserta didik mampu menganalisis persebaran flora dan fauna Indonesia,
faktor-faktor penyebab persebaran flora dan fauna, serta upaya apa yang harus
dilakukan dalam pelestarian flora dan fauna yang sudah lngka. Penerapan pendekatan
yang dilakukan dalam pembelajaran ini adalan pendekatan
ekologis yang
memeliputi distribusi tumbuhan dan hewan dilhat dari pengaruh kondisi lingkungan, terutama
iklim yang disebabkan oleh perbedaan faktor iklim, topografi, dan biotik. Melalui pendekatan ini mahasiswa
dapat mengetahui persebaran flora dan
fauna Indonesia dalam kehidupan sehari-hari untuk menumbuhkan sikap menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan
bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian flora dan
fauna
2.
Pembagian 3 wilayah
persebaran flora dan fauna
3.
Penyebab Persebaran fauna dan flora
4.
Faktor Kerusakan Flora dan Flora Indonesia danpaya dalam melestarikan flora dan fauna yang langka
E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik/Ilmiah
Model pembelajaran : Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi, dan penugasan
- Media Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Teks bacaan dan lembar jawab
·
Video persebaran
flora dan fauna Indonesia
·
LCD
·
Peta
·
Proyektor
2. Bahan
Belajar
·
Unit
Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)
·
Diskusi kelompok
G. Sumber Belajar
1.
Buku paket Geografi Kelas XI SMA
2.
Rahayu, saptanti.Dkk. 2009. Nuansa Geografi SMA untuk
SMA/MA Kelas XI.
3.
Buku pelajaran Geografi yang relevan
4.
Buku-buku lain yang relevan
5.
Literatur lain (majalah, koran,
internet, dan buku-buku koleksi perpustakaan)
Pertemuan pertama
TAHAP PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Alokasi waktu
|
PENDAHULUAN
|
· Siswa Mengucapkan salam dan berdoa
· Guru
melakukan presensi siswa
· Siswa diberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
|
10 menit
|
KEGIATAN INTI
|
· Siswa
diberi penjelasan tentang Pengertian flora dan fauna secara umum dan contoh-contohnya, serta serta pembagian
flora dan fauna di tiga wilayah Indonesia
· Kemudian siswa membentuk kelompok
· Guru dan siswa melakukan sesi tanya jawab tentang materi yang di jelaskan
|
60 menit
|
PENUTUP
|
· Siswa diminta untuk bertanya tentang hal-hal yang belum
dimengerti
· Guru
meminta siswa agar menyimpulkan pelajaran
· Siswa
diberi tugas untuk membaca materi selanjutnya
· Guru meminta siswa untuk memimpin doa
sebelum meninggalkan ruangan kelas
|
20
menit
|
H.Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis/Tehnik
Penilaian:
a.
Pengetahuan
b.
Keterampilan
c.
Sikap
2.
Bentuk
Penilaian
a.
Bentuk
penilaian pengetahuan : tes tertulis
(uraian)
b.
Bentuk
penilaian keterampilan : laporan
c.
Bentuk
penilaian sikap : observasi
3.
Instrumen
penilaian:
(Terlampir)
Catatan: .......................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Tes Tertulis
(lampiran 1)
1. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri flora Indonesia
bagian barat!
2. Faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi perbedaan tersebut?
Kunci jawaban
1. Terdapat banyak tumbuhan jenis
meranti-merantian
2. Terdapat berbagai macam
tumbuh-tumbuhan rotan
3. Tidak
mempunyai hutan kayu putih
4. Mempunyai
jenis tumbuhan sagu yang sedikit
2. Iklim
-
Tanah
-
Air
-
Tinggi rendahnya permukaan bumi (Topografi)
-
Biotik (Manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan
-
Tekanan
populasi
-
Perubahan habitat
Teknik Penilaian: pengamatan
Prosedur Penilaian:
1.
Jenis/teknik Penilaian : Tes unjuk
kerja (Penilaian kinerja)
2.
Bentuk Instrumen dan Instrumen
Hari/Tanggal: …………………………………………………….
Topik/materi: …………………………………………………….
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Jumlah
|
|||||||
Skor
|
||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
||||
Guru Pamong
Pudji Widajati,
S.Pd.
NIP. 195912161982022003
|
Lawang, September 2018
Guru Praktikan
Sari Mutiara Nainggolan
NIM
150721600100
|
FORMAT LAPORAN PEMBUATAN MEDIA
MATERI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Kelas XI,
materi Persebaran flora
dan Fauna di Indonesia dan media yang
akan digunakan berupa Poster.
MEDIA
Media
Video tentang Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia
|
RANCANGAN PEMBELAJARAN
tujuan•
metoda/model•
evaluasi
Tujuan
penggunaan media Poster yaitu agar materi dapat dipahami dengan mudah. Selain itu Poster juga merupakan
media yang menarik dan komunikatif dalam pembelajaran.
Metoda/ Model : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan
model Kooperative, dengan menggunakan media Poster dalam pelaksanaan pembelajaran Geografi di Kelas XI, Poster dibuat menarik yang akan memudahkan penyampaian materi tentang Persebaran Flora
dan Fauna.
Evaluasi : Apabila dalam pelaksanaan kegiatan belajar, media
pembelajaran berupa power point
materi tentang Persebaran Flora dan Fauna dirasa kurang efektif, maka pada pembelajaran
selanjutnya akan menggunakan jenis media lain.
PENJELASAN MEDIA
kreativitas•
cara pembuatan• spesifik
Kreativitas : Pembuatan media menggunakan Poster dengan melampirkan gambar gambar yang memaparkan materi tentang Persebaran Flora
dan Fauna.
Cara Pembuatan : Pembuatan media Poster ini yaitu dengan cara mempersiapkan semua alat tulis berupa
buku gambar, pensil, pulpen, crayon, dan penghapus. Kemedian menggambar beta
wilayah Indonesia kemudian menggambarkan jenis hewan yang tersebar di wilayah
Indonesia tersebut. Setelah itu membuat kata-kata bijak untuk mengajak semua
bangsa Indonesia supaya melestarikan flora dan fauna Indonesia agar tidak
punah.
Spesifik : Media yang akan digunakan dalam menyampaikan materi ini yaitu
menggunakan media poster. Unsur-unsur dari poster ini juga menggambarkan peta wilayah Indonesia dan jenis hewan yang tersebar
di wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke yang terkait dengan materi pembelajaran dan juga.
TATA CARA PENGGUNAAN MEDIA
Media video ini digunakan ketika
Guru menjelaskan materi Langkah-langkah
Penelitian Geografi. Kegiatan
ini dilakukan pada Poster ini akan ditanyangkan/ditempelkan di depan kelas kemudian dijelaskan sesuai dengan RPP yang
telah dibuat.
|
Komentar
Posting Komentar